www.AlvinAdam.com


Warta 24 Jawa Timur

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

BPBD Jatim: Bencana terparah tahun 2017 terjadi di Pacitan ...

Posted by On 20.10

BPBD Jatim: Bencana terparah tahun 2017 terjadi di Pacitan ...

Merdeka > Peristiwa > MALANG BPBD Jatim: Bencana terparah tahun 2017 terjadi di Pacitan & Sidoarjo Selasa, 12 Desember 2017 04:02 Reporter : Moch. Andriansyah Banjir di Pacitan. ©2017 Merdeka.com/Mochammad Andriansyah

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menyebut, dari sekian bencana alam yang sempat melanda beberapa daerah d i penghujung 2017, hanya dua daerah yang mengalami kerusakan paling terparah, yaitu Kabupaten Pacitan dan Sidoarjo.
Di Pacitan, sebut Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur, Sudarmawan, adalah bencana banjir dan longsor akibat cuaca ekstrem. Ada sekitar empat kecamatan, yaitu Pacitan, Kebonagung, Arjosari, dan Ngadirejo yang terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata 50 sampai 100 centimeter.
"Akibatnya, sekitar 16.953 warga mengungsi," katanya, Senin (11/12).
Selain banjir, lanjutnya, juga terjadi longsor di beberapa titik. Seperti di Kecamatan Arjosari dan Desa Mentoro, Kecamatan Pacitan. Longsor juga terjadi di pemukiman warga di wilayah Desa Karanganyar dan Desa Karangnongko, Kecamatan Kebonagung.
"Soal detailnya untuk bencana di Pacitan masih dalam pendataan," ucapnya.
Namun, menurut Sudarmawan, bencana di Pacitan terparah karena cakupannya luas dari daerah lainnya. Kemudian daerah terparah kedua karena bencana alam terjadi di Sidoarjo.
"Di Sidoarjo karena angin puting beliung," sambungnya.
Ada tiga desa terdampak akibat angin puting beliung, yaitu Desa Tambakrejo, Tambak Sawah, dan Tambak Sumur di Kecamatan Waru. "Akibat kejadian itu, ada 902 bangunan rusak terdampak angin puting beliung," jelasnya.
Sudarmawan merinci, di sepanjang 2017 ini, baik bencana banjir dan longsor saat musim penghujan maupun kekeringan saat kemarau lalu. Total ada sekitar 382 bencana terjadi di Jawa Timur.
Sementara untuk bencana akibat angin puting beliung di Jawa Timur, ada sekitar 35 kejadian. Yaitu di Kabupaten Malang, Sumenep, Situbondo, Nganjuk, Jember, Sidoarjo. Masing-masing daerah, mengalami tiga kali kejadian.
Selanjutnya, di Kabupaten Pasuruan, Gresik, Jember, Kediri, Sampang, Lumajang, Madiun, dan Magetan. Masing-masing daerah mengalami kejadian satu hingga dua kali peristiwa. "Sementara untuk musim kemarau lalu, ada beberapa daerah yang mengalami kekeringan di Jatim, yaitu di Kabupa ten Bangkalan, Sampang, Sumenep, dan Pamekasan," tandasnya.

Baca juga:cua
Gunung Agung terpantau tenang meski terus erupsi
Longsor di Solok, 1 warga hilang 2 terluka parah
Jokowi minta agar korban longsor Wonogiri direlokasi
Jokowi perintahkan perbaikan Jembatan Bonjing selesai 3 bulan
Jokowi tinjau lokasi banjir dan tanah longsor di Gunungkidul [ded]

Baca Juga:

Topik berita Terkait:
  1. Bencana Alam
  2. Banjir
  3. Tanah Longsor
  4. Cuaca Ekstrem
  5. Surabaya
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Pacitan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »