www.AlvinAdam.com

WARTA 24 JAWA TIMUR

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Satgas Pangan di Bondowoso Sidak Kenaikan Harga Beras

Posted by On 18.02

Satgas Pangan di Bondowoso Sidak Kenaikan Harga Beras

berita terkini

BONDOWOSO, (suaraindonesia.co.id)- Satgas Pangan Bondowoso bergerak cepat menindaklanjuti harga beras di Bondowoso belakangan ini.

Sidak yang dipimpin Ketua Satgas Pangan Bondowoso AKP Julian Kamdo Waroka itu mengecek tempat produksi beras, beserta gudang di Kecamatan Pujer.

"Kami ingin tahu penyebab tingginya harga beras di tingkat akar rumput sehingga mendatangi beberapa produsen beras untuk memperoleh informasi tentang kenaikan harga bera s yang selama ini terjadi," kata Ade Waroka.

Hasilnya, tambah Kasat Reskrim Polres Bondowoso ini, tidak ada permainan beras ataupun penimbunan beras. Mahalnya beras ini terjadi karenakan menurunnya produktivitas padi di tingkat petani.

"Selain belum memasuki masa panen, juga banyak yang mengalami gagal panen," terangnya.

Bahan baku beras sulit itulah, berpengaruh kepada penjualan beras di masyarakat tingkat bawah.

Sementara Kawong, pemilik gudang beras yang disidak mengaku, saat ini produktivitas padi milik petani banyak yang rusak sehingga jumlahnya terus berkurang. Jika sebelumnya dia mampu menggiling 120 ton gabah kering dengan estimasi 60 ton beras, saat ini hanya 50 ton saja.

"Padi sulitnya minta ampun, apalagi belum musim panen, kalaupun ada yang panen, padinya banyak yang rusak," katanya.

Kondisi ini berpengaruh terhadap harga beras di masyarakat. Beras kualitas premium yang biasa dijual seharga Rp 10.000 perkil ogram saat ini dijual seharga Rp 11.700. Sedangkan untuk kualitas medium dari harga Rp 8.500 naik menjadi Rp 10.000 perkilogram.

"Naiknya beras biasanya berkisar Rp 200 - Rp 400 perkilogram, sekarang hampir Rp 2000. Kondisi seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya," ujarnya.

Reporter : Dedi Kurniawan
Editor : Farhan Jordan
Sumber: Google News | Warta 24 Bondowoso

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »