WARTA 24 JAWA TIMUR

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Bombastis, Inilah Besaran Anggaran Jalan Pantai Selatan ...

Posted by On 09.06

Bombastis, Inilah Besaran Anggaran Jalan Pantai Selatan ...

Bombastis, Inilah Besaran Anggaran Jalan Pantai Selatan Kabupaten Malang Romdhoni Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang berharap site plan jaringan jalan yang telah ada bisa ditindaklanjuti dengan penganggarannya, sehingga seluruh potensi wisata bisa terbuka dan diakses secara nyaman dan aman. (Foto: Nana/ MalangTIMES) Romdhoni Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang berharap site plan jaringan jalan yang telah ada bisa ditindaklanjuti dengan penganggarannya, sehingga seluruh potensi wisata bisa terbuka dan diakses secara nyaman dan aman. (Foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kita, mungkin sering bertanya-tanya tentang berapa sebenarnya anggaran pembangunan jalan yang dananya dikelola pemerintahan. Terutama jalan-jalan pariwisata yang kini menjadi prioritas pembangunan di daerah, seperti Kabupaten Malang.

Program optimalisasi pariwisata di kabupaten Malang, tidak sekedar memoles paras alam, sungai maupun wisata buatan saja. Tapi juga berkaitan erat dengan pembangunan infrastruktur transportasinya, yaitu jalan.

Bertolok dari hal inilah, pemerintah kabupaten malang terus meningkatkan status dan kualitas jalan-jalan pariwisata. "Karena memang wisatawan membutuhkan akses yang mudah, nyaman dan aman saat akan berwisata. Khususnya kalau di sini di wilayah pantai selatan (pansela) yang akses jalannya cukup eks trim," kata Romdhoni Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Jumat (01/12) melalui jaringan telepon.

Dengan konsep membuka akses transportasi yang aman, nyaman sesuai spesifikasi jalan pariwisata, Dinas PU Bina Marga memfokuskan prioritas kerjanya dalam meningkatkan berbagai jalan Pansela di beberapa koridor. Koridor tengah yang menghubungkan wilayah Kepanjen-Pagelaran-Bantur sampai wisata Pantai Balekambang, sejak tahun 2017 ini terus digenjot.

Di koridor tengah ini terdapat 13 titik ekstrim yang perlu dilakukan pembangunan. Kurang lebih 13 kilometer (Km) panjang koridor tengah tersebut. Lantas, berapakah anggaran untuk menyelesaikan pembangunan koridor tengah Pansela ini.

Romdhoni mengatakan, dengan memakai indeks jalan yang ideal sebagai jalur yang bisa dilalui bus besar serta memiliki kekuatan menahan beban (tonase) kendaraan yang melewatinya, setiap 1 km bisa menghabiskan sekitar Rp 8 miliar.

"Sekitar itu secara indeksnya. Jadi memang sangat besar anggaran untuk pembangunan jalan ini. Untuk koridor tengah saja bisa sampai 104 miliar rupiah," terangnya kepada MalangTIMES.

Anggaran besar pembangunan jalan pariwisata inilah yang membuat Pemerintah Kabupaten Malang mengajukan berbagai permohonan untuk peningkatan status jalan di wilayah Pansela. Dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi atau jalan nasional.

"Kalau mengandalkan APBD tentunya terbatas. Kita hanya bisa untuk rehabilitasi dan peningkatan saja," ujar Romdhoni yang juga menerangkan bahwa pihaknya sudah mempetakan dan memberikan gambaran jelas dalam site plan yang dibuatnya. "Peta jaringan jalan wisata sudah ada dan terkonsep. Tinggal anggarannya, semoga provinsi dan pusat bisa mewujudkannya. Sehingga seluruh potensi wisata terbuka," imbuhnya.

Selain koridor tengah, Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang juga merencanakan untuk membuka akses jalan Pansela sebelah barat. Koridor barat ini aka n membuka akses langsung dari Kabupaten Blitar menuju Pansela yang memiliki potensi besar dalam kepariwisataan.

Untuk anggaran di koridor barat pun secara indeksnya hampir sama, yaitu 1 km sebesar Rp 8 miliar. Pun untuk koridor timur yang akan membuka akses dari atau ke Kabupaten Lumajang. "Kita berharap tahun depan, khususnya koridor barat bisa mulai ada titik terang penganggaran dari pusat. Kita rencanakan pertengahan tahun 2018," terang Romdhoni.

Pewarta : Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
  • Gebyar Festival Pantai Terbesar
  • Kemunduran Sepak Bola Malang Raya
  • Geliat Perjudian Balap Liar di Kota Malang
  • Geliat Bisnis Mode Anak Muda di Malang
  • KPK Geber Pemeriksaan di Kota Malang
Tour AirAsia ← Berita Sebelumnya Telanjang Bulat, Bayi Berlumur Darah Ini Ditemukan Warga di Selokan Berita Selanjutnya â†' Efek Siklon Tropis Cempaka Buat Harga Ikan Laut Naik 70 %
  • Penyanyi Astrid (kanan) usai mengisi Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1257 pada Selasa (28/11/2017) bersama MalangTIMES (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

    Di Malang, Penyanyi Astrid Rajut Kenangan Syahdu

  • Inilah wisata yang memiliki nuansa mistis di Indonesia dan ternyata salah satunya ada di Malang.

    Inilah Wisata Bernuans a Mistis, Ternyata Salah Satunya Ada di Malang

  • Jazz Gunung Bromo adalah salah satu pertunjukan yang menjadikan wisata pegunungan menjadi lokasi pementasan. (Istimewa)

    Sukses Gelar Malang Beach Festival, Bupati Rendra Kresna Rencanakan Event Akbar Wisata Pegunungan

  • Peta jalur Bledokan-Balekambang dengan 14 titik ekstrem yang menjadi prioritas kerja Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang. (Nana)

    Petakan 13 Titik Ekstrem Ruas Bledokan-Balekambang, Inilah Penampakannya . . .

  • Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Romdhoni di belakang site plan Bantur-Balekambang yang akan jadi acuan pembangunan jalan wisata Pansela, Minggu (26/11). (Nana)

    Fokus 13 Titik Ekstrem Pansela, PU Bina Marga Kebut Pembangunan Jembatan Srigonco-Balekambang

  • Bupati Malang Rendra Kresna menemui Ketua DPC Hanura Kota Malang Ya

    Dukungan Nasdem Jadi Rebutan, Ini Tanggapan Rendra Kresna

    Meski hanya memiliki satu kursi legislatif di DPRD Kota Malang, posisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) termasuk sangat diperhitungkan. Terlebih hingga saat ini, partai tersebut belum mennjatuhkan pilihan terhadap calon yang akan didukung dalam Pilkada K

  • Ilustrasi dampak siklon tropis cempaka terhadap nelayan yaitu penurunan ikan tangkap laut (istimewa)

    Efek Siklon Tropis Cempaka Buat Harga Ikan Laut Naik 70 %

    Efek siklon tropis ce mpaka di wilayah Jawa Timur (Jatim) yang membuat Kabupaten Pacitan serupa kota mati, ternyata juga bisa membuat harga ikan laut merangkak naik harganya.

  • Pertemuan antara Ketua DPC Hanura Kota Malang Ya

    Juga Datangi Rendra Kresna, Nanda: Bukan Cuma Saat Butuh Dukungan

    Bupati Malang Rendra Kresna tampaknya tak banyak waktu santai di hari libur nasional perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hari ini (1/12/2017) dua politisi yang berencana maju ke Pilkada Kota Malang 2018 mendatang, meminta waktu pertemuan khusus dengan oran

  • Kucing persia bernama Imel yang ikut berkampanye dalam peringatan Hari AIDS Sedunia. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

    Lucunya, Kucing Persia Ini Ikut Kampanye Hari AIDS Sedunia

    Ada yang unik dalam peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember. Di Kota Malang, kampanye untuk meningkatkan kepedulian pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA) juga dilakukan oleh kucing.

  • Bupati Malang Rendra Kresna menerima kunjungan Wali Kota Malang Moch Anton siang ini di Pendopo Agung Kabupaten Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

    Tegaskan Politik Tanpa Mahar, Rekom Nasdem Tunggu Hasil Survei Partai

    Pertemuan antara Wali Kota Malang Moch Anton dengan Bupati Malang Rendra Kresna di Pendopo Agung Kabupaten Malang siang ini (1/12/2017) tampaknya masih belum menghasilkan kepastian rekomendasi bagi Anton.

  • Ilustrasi.

    Singo Edan Mulai Gerilya Kiper

    Arema FC mulai mencari kiper yang rencananya untuk pemain alternatif jika penjaga gawang utama absen. Meski bukan pemain utama tapi tim pelatih yakin kualitasnya sesuai dengan kriteria.

  • Tas kekinian dari label Swedia yang dipakai influencer Malang Rizky Amelia (Instagram: @ameliaelle)

    Kerap Dipakai Influncer Malang, Backpack Ini Booming

    Social media influencer atau mereka yang punya pengaruh di sosial media rajin mengunggah berbagai foto produk anyar. Urusan mode misalnya, banyak dari social media influencer menampilkan unggahan foto memakai barang kekinian. Salah satunya tas.

  • Menteri Koperasi UKM RI AAGN Puspayoga saat dilukis oleh seniman lukis Kepanjen di gedung PLUT bersama Bupati Malang Rendra Kresna. Melalui lu   kisan juga dulu sampai kini Bali terkenal sampai mancanegara. (Nana)

    Dorong Kabupaten Malang Jadi Destinasi Wisata, Menteri Koperasi dan UKM Kuak Rahasia Wisata Bali

    Cerita terkenalnya pulau dewata, Bali, sebagai surganya pariwisata telah menancap begitu kuat dalam ingatan wisatawan. Baik dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

  • Ilustrasi berbelanja online (foto Truly Deeply)

    Tiga Label Besutan Fashion Designer Muda Asal Malang yang Ramah Kantong

    Menjadi fashion designer di usia muda, tiga arek Malang ini telah memiliki label sendiri. Busana ketiganya su dah ditampilkan di berbagai ajang mulai dari pemilihan putra-putri berbakat Kakang-Mbakyu Kota Malang sampai perhelatan fashion akbar Jakarta Fash

  • Lokasi pembuangan bayi berjenis laki-laki yang ditemukan warga Desa Jabung, Kecamatan Jabung. Kondisi bayi yang ditemukan sangat memprihatinkan dengan darah yang berlumur tubuh dan tanpa busana, Jumat (01/12). (Humas for MalangTIMES)

    Telanjang Bulat, Bayi Berlumur Darah Ini Ditemukan Warga di Selokan

    Kasus penemuan bayi oleh warga terus terjadi. Bayi-bayi tanpa dosa dibuang begitu saja di berbagai lokasi sepi. Entah setan apa yang mengendap di kepala para orang tua yang melakukan perbuatan keji tersebut.

  • Hasil tangkapan ikan tuna Kabupaten Malang bakal dijadikan beragam olahan makanandi Parade Chef 2017 di Pantai Nganteb. (foto : Istimewa)

    Dua Hari Lagi Parade Chef Digelar di Pantai Nganteb

    Dua hari lagi, tepatnya 3 Desember, ada satu kegiatan yang dinanti-nanti masyarakat Kabupaten Malang. Yaitu Parade Chef.

  • Fashionista asal Malang Silvia Indra Mustika (foto: Instagram @silviaindram)

    Padu Padan Pashmina Ala Fashionista Malang Silvia Mustika

    Kerap menampilkan potret gaya berpakaian di media sosial, wanita muda asal Malang Silvia Indra Mustika selalu uptodate soal mode. Dari ratusan foto gaya busananya di akun Instagram pribadinya, Silvia sering mengenakan hijab model pashmina.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com

Sumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Malang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »