WARTA 24 JAWA TIMUR

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Nikmatnya Durian Kanjeng di Kampung Durian Ngrogung Ponorogo

Posted by On 20.06

Nikmatnya Durian Kanjeng di Kampung Durian Ngrogung Ponorogo

Bupati Ponorogo Ipong Mukhlisoni bersama istrisaat menikmati duriankanjeng di desa wisata kampung durianNgrogung, Ngebel,Ponorogo, Jatim

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Musim buah durian telah tiba. Disaat seperti ini banyak masyarakat yang berburu buah yang hanya setahun sekali bisa dinikmati ini.

Dari sekian banyak jenis durianyang ada di Ponorogo, ada satu varian baru yang rasanya tidak ada yang menandingi.

Durian Kanjeng namanya. Selain buahnya besar, rasanya juga maknyus, dengan teksture yang lembut. Namanya sesuai dengan rasanya.

Populasi durian Kanjeng hingga saat ini hanya bisa didapat di Kampung durian, Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel, Ponorogo, Jatim. Sehingga m asyarakat yang menginginkan menikmati rajanya durian ini harus datanglangsungke desa wisata Kampung Durian yang beradadi Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel, Ponorogo.

Reporter kanalindonesia.com yang bersama rombongan wartawan di Ponorogo dan Bupati Ipong Muchlissoni serta para pejabat Pemkab Ponorogo, saat tiba di Kampung Durian, di Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel Ponorogo, walau dalam kondisi basah kuyup dan kedingingan karena diterpa hujan ini, terbayar sudah dengan kehangatan dari Durian Kanjeng, yang memang disediakan oleh si pemilik Kampung Durian, Bambang Subagyo.

Durian dengan ukuran jumbo dengan isi kekuningan, dan biji yang tidak terlalu besar, dalam sekejab ludes diserbu oleh para wartawan. Manis dan agak pahit, serta teksturenya yang lembut, mebuat yang menyantapnya ketagihan.

“ Luar biasa, belum pernah saya makan durian seenak ini,” kata salah satu jurnalis media cetak.

Bupati sengaja mengajak puluhan jurnalis Ponorogo untuk menyaksikan berb agai hasil kerja Pemkab Ponorogo selama 1 tahun khususnya di bidang infrastrktur. Berkeliling di berbagai wilayah sejak jam 10 pagi hingga berkahir pada jam 17.00. Dan finisnya mengunjungi Kampung Durian.

“ Ini namanya Durian Kanjeng, varietas baru yang dikembangkan oleh Pak Bambang sejak 2012, dan tahun 2013 gagal. Dan baru berhasil pada 2014, tapi hasilnya belum banyak. Nah, tahun ini sudah lumayan. Durian ini perkawinan antara durian montong dan durian kampung asli Ngebel,” terang Bupati Ipong.

Menurutnya, selain Durian Kanjeng, Ngebel yang dikenal sebagai penghasil buah-buahan juga menyimpan berbagai jenis durian. Selain Kanjeng adadurian montong, durian kampung dan Durian Ngebel.Dan yang paling banyak diminati, adalah Durian Ngebel, karena selain rasanya yang alami, harganya murah dengan biji yang kecil-kecil. Selain durian, saat ini juga waktunya musim buah di Ngebel mulai manggis, pundung (buah menteng, mirip duku dengan rasa asam segar), alpukat, hingga na ngka.

Setelah berhasil mengembangkan Kampung Durian, Bambang yang tergabung dalam Kelompok Tani Karang Asri juga akan mengembangkan Kampung Manggis. Karena kebun manggis yang dimilikinya sangat luas. “ Manggis tempatnya pak Bambang jenis unggul dan kebunnya sangat luas,” kata salah seorang warga Ngrogung.(wa)

Sumber: Google News | Warta 24 Ponorogo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »