WARTA 24 JAWA TIMUR

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Polres Banyuwangi Musnahkan Miras dan Kenalpot Brong

Posted by On 21.10

Polres Banyuwangi Musnahkan Miras dan Kenalpot Brong

berita terkini ad

BANYUWANGI, (suarajatimpost.com) - Hasil Operasi Lilin Semeru 2017 sebanyak 7.490 liter miras tradisional dan produksi pabrik berhasil disita aparat. Karena meresahkan kemudian miras ini dimusnahkan, disaksikan sejumlah ormas dan tokoh agama di halaman Polres Banyuwangi, Jawa Timur, (31/12).
Dan lanal Banyuwangi Letkol Suhartaya, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Ruli Nuryanto, mendampingi Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman SIK saat melakukan pemusnahan minuman haram tersebut.
Kasat Shabara Polres Banyuwangi AKP Basori Alwi menjelaskan, miras yang berhasil disita itu masih didominasi miras produksi rumahan jenis arak Bali, jumlahnya mencapai 6.355 liter. Sisanya miras produksi pabrik berbagai merk sejumlah 1.135 liter.
Rinciannya, arak 63 jurigen. Masing - masing berkapasitas 35 liter. Jumlah keseluruhan 63 2.205 liter. Miras jenis tuak sebanyak 37 jurigen, isi keselurhan 1.295 liter. Itu belum termasuk yang dikemas dalam botol 650 mililiter dengan angka 2.405 liter atau sama dengan 3.700 botol. Plus kemasan botol 1,5 liter berjumlah 300 botol setara 450 liter.
"Khusus miras pabrik jumlah keseluruhan 1.135 botol,” jelas AKP Basori Alwi.
Dari barang bukti tersebut, sejumlah 125 tersangka dibawa ke Pengadilan Negeri Banyuwangi untuk disidangkan ata s pelanggaran tindak pidana ringan. 100 orang menjalani pembinaan, karena mengkonsumsi miras.
Usai mendengar paparan Kasat Sabhara AKP Basori Alwi. Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman mengajak seluruh elemen masyarakat dan intansi terkait untuk membangun komitmen memerangi miras dan narkoba. Menurutnya hasil razia itu menunjukkan jika Banyuwangi belum aman dari peredaran miras.
“Miras bisa menjadi pemicu awal tindak kriminal. Contohnya terjadi di Purwoharjo. Sejumlah pemuda mabuk menyerang Kantor Desa Sidorejo. Beberapa orang dari pelaku masih berstatus pelajar,” papar Kapolres.
Untuk memerangi miras harus disosialisasikan ke semua lini, supaya Banyuwangi kedepan lebih baik. Kapolres Banyuwangi juga mengajak seluruh kapolsek untuk terus melakukan razia miras maupun narkoba.
“Jika cuek, maka masa kita tidak lama lagi. Pemusnahan ini menjadi tonggak komitmen pencegahan miras dan narkoba antar tokoh masyakarat, agama serta intansi pemerintahan,” tegas Ka polres.
Sesuai data yang dirilis aparat, razia miras yang digelar selama setahun berhasil menyita 34.338 botol dan 267 jurigen. Sejumlah 624 orang dinyatakan tersangkut dalam 624 kasus miras.
Dalam giat tersebut, para tokoh juga diajak menyadarkan kalangan muda supaya bertindak disiplin di jalan saat berkendara. Ajakkan itu disimbolkan dengan pemotongan 78 knalpot brong yang menyalahi standar pabrik karena menganggu kenyamanan. 78 kenalpot. Kemudian kenalpot sitaan ini dimusnahkan bersama sejumlah miras tersebut.

Reporter : Yudi Irawan
Editor : Ismi Fausiah
Sumber: Google News | Warta 24 Banyuwangi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »